- Kasih -


我是a f_.man thinking: W 昨天是今天result,和 W今天是明天rst,enjoy n make t'有意思day, cause f_.,sometimes forget it.Butidn'twantf_. :happy 加油!Pkh. 3: 11


Senin, 09 Februari 2015

Resonansi dan Bunyi Pantul



 
Gambar gamelan

Sumber : google.com



            Resonansi merupakan peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain. Peristiwa ini dapat kita lihat pada kehidupan sehari-hari, seperti bergetarnya kaca jendela ketika ada pesawat terbang yang melintas, bergetarnya kaca jendela ketika ada gemuruh petir, bergetarnya kaca jendela ketika kereta api melintas dan lain sebagainya. Bahkan dalam diri kita (manusia) pun terdapat suatu resonansi. Salah satu contoh resonansi tersebut adalah bergetarnya gendang telinga supaya kita dapat mendengar.
            Untuk melihat gejala resonansi, kita dapat melakukan percobaan sederhana sebagai berikut  :

Gambar percobaan resonansi
Sumber : fisikazone.com
            Jika Anda melihat gambar awal pada materi ini, kalian akan menemukan gambar seperangkat alat musik gamelan. Alat musik seperti halnya gamelan pun juga menggunakan prinsip resonansi. Contohnya gong yang dibuat dengan cekungan bertujuan agar ketika gong tersebut dipukul, udara yang berada di dalam cekungan ikut bergetar. Lalu pada saron, di bawah lempengan-lempengan logam tersebut terdapat ruang kosong, di mana terisi udara, sehingga ketika logam tersebut dipukul, udara di dalam ruang kosong akan ikut bergetar (beresonansi).
            Namun, perlu diingat bahwa untuk terjadi resonansi diperlukan persyaratan sebagai berikut :
  • Frekuensi suatu benda sama dengan frekuensi sumber getar.
  • Untuk kolom udara, tingginya harus kelipatan ganjil dari seperempat panjang gelombangsumber bunyi (1/4, 3/4, 5/4, 7/4, 9/4 dan seterusnya).
  • Selaput tipis mudah bergetar.

Fakta unik pada saron adalah adanya timbre (warna bunyi). Hal tersebut disebabkan karena adanya nada-nada tambahan. Walaupun begitu, kita masih dapat membedakan timbre yang dihasilkan oleh saron dan kenong. 

Gambar Saron
Sumber : wikimedia.org

Gambar Kenong
Sumber : orgs.usd.edu


Bunyi pantul adalah bunyi yang memantul. Ya, hampir seperti halnya cahaya, dalam bunyi pantul ini dikenal suatu garis normal. Akan tetapi dalam bunyi bukannya cahaya datang dan cahaya pantul, melainkan bunyi datang dan bunyi pantul. :he”’ Bunyi pantul dapat diperkeras jika jarak antara sumber bunyi dan pemantul tidak terlalu jauh. Ini seperti halnya ketika kita memutar mp3 player pada HP. Maka ketika kita mendekatkan speaker HP ke arah meja dan kita dekatkan (hingga beberapa milimeter), maka suaranya akan terdengar diperkeras. 

Gambar orang berteriak ke arah tebing

Sumber : fisikazone.com

Bunyi pantul dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gaung/ kerdam dan gema. Gaung/ kerdam adalah bunyi pantul yang terdengar bersamaan bunyi asli. Oleh karena itu bunyi asli akan terganggu. Gaung tersebut terjadi karena jarak antara sumber bunyi dan pemantul tidak sangat jauh. Lalu gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Oleh karena itu, semua bunyi yang dipantulkan dapat didengar secara keseluruhan. Gema terjadi karena jarak antara sumber bunyi dan pemantul sangat jauh. Contohnya ketika kita berteriak di atas bukit, di antara pegunungan dan jurang-jurang. Dalam kehidupan sehari-hari, gema dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalam laut.
Gambar pengukuran kedalaman laut

Sumber : fisikazone.com

Daftar Pustaka

2 komentar:

  1. https://nugrahascience888.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NaFaS NuSA ready beberapa macam tanaman karnivora nih. ☺☺☺ Monggo, silakan, bagi yang hendak mencoba atau menambah koleksi tanaman karnivora. Link sebagai berikut yak,... :

    》Drosera Humpty Doo (TANAMAN HIDUP) - Drosera Merah - Humpty Doo Sundew
    https://tokopedia.link/UlrzRQ2Hghb di toko NaFaS NuSA

    》Filiformis Sundew (TANAMAN HIDUP) Drosera Filiformis Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/vIvetXnZqhb di toko NaFaS NuSA

    》VFT Red Dentate - Venus Fly Trap Red Dentate - VFT Merah (Red)
    https://tokopedia.link/dK9mUzTSIgb

    》Drosera Indica - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/PpghL6fMPgb

    》UG - Utricularia graminifolia (Daun Darat) - Grass Leaved Bladderwort
    https://tokopedia.link/4dp1NckMPgb

    》Omisa Sundew (Drosera Omisa) atau Gemmae Omisa Sundew
    https://tokopedia.link/2MukJs2QKgb

    》Drosera Capillaris L.L. - Tanaman Pemakan Serangga - Capillaris Sundew
    https://tokopedia.link/hdA7w04LPgb

    》Drosera Adelae - Adelae Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/cqowPDXBpgb

    》Drosera Sessilifolia - Sessilifolia Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/6Ngnjf6QKgb

    》Drosera Adelae Red - Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/VPBlxtzMPgb

    BalasHapus