- Kasih -


我是a f_.man thinking: W 昨天是今天result,和 W今天是明天rst,enjoy n make t'有意思day, cause f_.,sometimes forget it.Butidn'twantf_. :happy 加油!Pkh. 3: 11


Jumat, 13 Februari 2015

Jenis-jenis Angin Musim di Indonesia



Sumber : bienestar.salud180.co

            Angin merupakan udara yang bergerak karena adanya perbedaan temperatur, di mana perbedaan temperatur itu menimbulkan perbedaan tekanan. Udara yang bertemperatur tinggi akan mempunyai tekanan udara yang rendah, sedangkan udara yang bertemperatur rendah (lebih rendah) akan memiliki tekanan udara yang lebih tinggi. Oleh karena itu, angin akan bergerak dari tekanan tinggi ke rendah (udara yang lebih dingin ke udara yang lebih panas).
            Berdasarkan ketinggiannya, angin di Indonesia dibagi menjadi empat jenis, yaitu :
  • Angin Darat (angin yang bergerak dari darat ke laut). Angin darat terjadi pada saat malam hari ketika temperatur udara di darat lebih rendah daripada temperatur di laut. Angin darat ini sering digunakan/ dimanfaatkan oleh nelayan untuk pergi melaut.
     
    Sumber : dongenggeologi.files
  • Angin Laut (angin yang bergerak dari laut ke darat). Angin ini terjadi pada saat siang hari ketika temperatur udara di laut lebih rendah daripada temperatur udara di darat. Angin ini sering digunakan/ dimanfaatkan oleh nelayan untuk pulang melaut (menuju ke daratan). Buktinya dapat kalian lihat ketika siang hari banyak perahu nelayan yang menepi (perahu yang memanfaatkan angin).
 
Sumber : dongenggeologi.files
  •  Angin Gunung (angin yang berasal dari gunung, bergerak menuju ke lembah). Angin ini terjadi saat malam hari karena pada saat malam hari, udara di puncak akan bertemperatur lebih rendah daripada udara di lembah.
Sumber : www.cuacajateng.com

  • Angin Lembah (angin yang bergerak dari lembah menuju ke puncak gunung). Angin ini terjadi saat siang hari ketika temperatur udara di puncak lebih tinggi (lebih panas) daripada temperatur udara di lembah (lebih dingin).
Sumber : www.cuacajateng.com
Lalu, berdasarkan periode waktunya, angin dibagin menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Angin muson (angin yang bertiupnya berganti arah setiap enam bulan sekali, pada saat pergantian musim kemarau ke penghujan maupun penghujan ke kemarau). Pada saat pergantian musim tersebut sering sekali menyebar wabah penyakit di Indonesia. Pergantian musim itu sendiri biasanya disebut dengan masa pancaroba. Pada zaman dulu, musim hujan maupun musim kemarau dapat diprediksi bulan tibanya (musim kemarau terjadi pada bulan April sampai Oktober, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai April). Namun sekarang musim sudah tidak dapat diprediksi lagi dengan tepat akibat dari perubahan-perubahan yang terjadi di bumi seperti halnya semakin meningkatnya pencemaran, polusi, keegoisan, yang mana mengakibatkan pemanasan global dan bencana alam.  
    Sumber : risnotes.com
  • Angin pasat (merupakan angin yang bertiup dari daerah 20 derajat sampai 30 derajat lintang utara maupun lintang selatan, di mana angin tersebut menuju ke arah katulistiwa).
“Mengapa bisa terajadi demikian?”
Hal tersebut terjadi karena temperatur udara di daerah katulistiwa lebih tinggi dibandingkan temperatur udara sekitar, sehingga menjadi lebih panas. Karena katulistiwa memiliki temperatur yang lebih tinggi (lebih panas), sedangkan daerah di sekitar temperaturnya lebih rendah (katakanlah lebih dingin), maka udara akan bergerak dari temperatur rendah (karena bertekanan lebih tinggi) ke temperatur yang lebih tinggi (karena memiliki tekanan yang lebih rendah).   

Daftar Pustaka

2 komentar:

  1. https://nugrahascience888.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NaFaS NuSA ready beberapa macam tanaman karnivora nih. ☺☺☺ Monggo, silakan, bagi yang hendak mencoba atau menambah koleksi tanaman karnivora. Link sebagai berikut yak,... :

    》Drosera Humpty Doo (TANAMAN HIDUP) - Drosera Merah - Humpty Doo Sundew
    https://tokopedia.link/UlrzRQ2Hghb di toko NaFaS NuSA

    》Filiformis Sundew (TANAMAN HIDUP) Drosera Filiformis Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/vIvetXnZqhb di toko NaFaS NuSA

    》VFT Red Dentate - Venus Fly Trap Red Dentate - VFT Merah (Red)
    https://tokopedia.link/dK9mUzTSIgb

    》Drosera Indica - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/PpghL6fMPgb

    》UG - Utricularia graminifolia (Daun Darat) - Grass Leaved Bladderwort
    https://tokopedia.link/4dp1NckMPgb

    》Omisa Sundew (Drosera Omisa) atau Gemmae Omisa Sundew
    https://tokopedia.link/2MukJs2QKgb

    》Drosera Capillaris L.L. - Tanaman Pemakan Serangga - Capillaris Sundew
    https://tokopedia.link/hdA7w04LPgb

    》Drosera Adelae - Adelae Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/cqowPDXBpgb

    》Drosera Sessilifolia - Sessilifolia Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/6Ngnjf6QKgb

    》Drosera Adelae Red - Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/VPBlxtzMPgb

    BalasHapus