- Kasih -


我是a f_.man thinking: W 昨天是今天result,和 W今天是明天rst,enjoy n make t'有意思day, cause f_.,sometimes forget it.Butidn'twantf_. :happy 加油!Pkh. 3: 11


Kamis, 05 Februari 2015

Perpindahan Kalor


Sumber gambar : http://img.docstoccdn.com/thumb/orig/154508760.png

 Sumber gambar : http://schoolworkhelper.net

          Kalor dapat berpindah dengan tiga cara, yaitu secara konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi adalah perpindahan panas dari molekul ke molekul tanpa molekul itu ikut berpindah. Dengan kata lain tanpa disertai perpindahan partikel. Lalu konveksi adalah perpindahan panas disertai perpindahan molekul. Sedangkan radiasi merupakan perpindahan panas yang dipancarkan oleh suatu benda tanpa melalui zat antara.
Contoh dari konduksi adalah ketika kita memegang satu ujung besi, kemudian kita memanaskan ujung yang lain pada nyala api, sehingga panas akan merambat yang mana menimbulkan tangan kita yang memegang ujung besi terasa panas. Lalu, contoh dari konveksi adalah ketika kita memanaskan air panas maka semakin mendekati sumber panas, maka temperaturnya akan semakin tinggi. Contoh lain adalah ketika kita mamanaskan kertas berpilin di atas api, maka akan terlihat pergerakan. Sedangkan contoh dari radiasi sendiri adalah ketika kita berjemur di terik matahari. Matahari tidak berpindah untuk menyalurkan panasnya, melainkan hanya dengan memancarkan sinarnya. Contoh lain ketika kita berada di sekitar nyala api unggun, maka akan terasa panas.  

Gambar perpindahan panas secara konduksi
Sumber : http://www.solusipintar.info/wp-content/uploads/2014/05/konduksi.jpg
Gambar perpindahan panas secara konveksi
Sumber : http://www.googleusercontent.com 



Gambar perpindahan panas secara radiasi
Sumber : http://www.googleusercontent.com

“Termasuk konduktor/ isolatorkah udara dan air itu?”
Ketika kita mendekatkan jerami kering beberapa centimeter dari nyala api, jerami tersebut tidak terbakar. Hal tersebut membuktikan bahwa udara menghalangi perpindahan panas dari api ke jerami. Oleh karena itu, udara merupakan penghantar panas yang buruk/ isolator. Lalu, ketika kita memanaskan air pada tabung reaksi di bagian atas, maka hanya akan timbul gelembung di bagian atas tabung yang dipanaskan itu, sedangkan bagian bawah tabung tidak terdapat gelembung. Oleh karena itu dapat dipastikan bahwa bagian atas lebih panas daripada bagian bawah, sehingga hal tersebut membuktikan bahwa air merupakan penghantar kalor yang buruk/ isolator.
Pada perpindahan konveksi pasti akan ada aliran. Aliran konveksi tersebut bisa berupa aliran konveksi air maupun udara. Hal tersebut berkaitan dengan pemuaian (pertambahan volume suatu zat), massa zat, dan massa jenis zat. “Ingat .” Jika dipanaskan volume zat besar, sehingga massa jenis kecil. Zat yang dekat dengan sumber panas akan naik ke atas karena massa jenisnya lebih kecil, sedangkan kalor akan merambat dari temperatur yang lebih tinggi ke temperatur yang lebih rendah.

Kata kunci : konduksi perpindahan kalor tanpa perpindahan partikel (pada zat padat), konveksi perpindahan kalor disertai perpindahan partikel (pada zat cair dan gas), sedangkan radiasi adalah perpindahan kalor tanpa melalui zat antara.

Sumber gambar : http://www.quia.com

 

2 komentar:

  1. https://nugrahascience888.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NaFaS NuSA ready beberapa macam tanaman karnivora nih. ☺☺☺ Monggo, silakan, bagi yang hendak mencoba atau menambah koleksi tanaman karnivora. Link sebagai berikut yak,... :

    》Drosera Humpty Doo (TANAMAN HIDUP) - Drosera Merah - Humpty Doo Sundew
    https://tokopedia.link/UlrzRQ2Hghb di toko NaFaS NuSA

    》Filiformis Sundew (TANAMAN HIDUP) Drosera Filiformis Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/vIvetXnZqhb di toko NaFaS NuSA

    》VFT Red Dentate - Venus Fly Trap Red Dentate - VFT Merah (Red)
    https://tokopedia.link/dK9mUzTSIgb

    》Drosera Indica - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/PpghL6fMPgb

    》UG - Utricularia graminifolia (Daun Darat) - Grass Leaved Bladderwort
    https://tokopedia.link/4dp1NckMPgb

    》Omisa Sundew (Drosera Omisa) atau Gemmae Omisa Sundew
    https://tokopedia.link/2MukJs2QKgb

    》Drosera Capillaris L.L. - Tanaman Pemakan Serangga - Capillaris Sundew
    https://tokopedia.link/hdA7w04LPgb

    》Drosera Adelae - Adelae Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/cqowPDXBpgb

    》Drosera Sessilifolia - Sessilifolia Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/6Ngnjf6QKgb

    》Drosera Adelae Red - Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/VPBlxtzMPgb

    BalasHapus