- Kasih -


我是a f_.man thinking: W 昨天是今天result,和 W今天是明天rst,enjoy n make t'有意思day, cause f_.,sometimes forget it.Butidn'twantf_. :happy 加油!Pkh. 3: 11


Senin, 03 November 2014

Anggapan-anggapan mengenai Jagad Raya


1.    Anggapan Antroposentris
Gambaran Antroposentris
Sumber : wikimedia.org
Antroposentris berasal dari kata “Antropos” yang berarti manusia, dan “centra” yang berati pusat/ tengah. Jadi anggapan Antroposentris menyatakan bahwa manusia adalah pusat dari alam semesta (bahkan pusat dari segala-galanya). Anggapan ini muncul sejak manusia primitif menganggap bahwa Matahari, Bumi, Bintang, dan Bulan serupa dengan Tumbuhan, Hewan, dan Manusia. Mereka beranggapan bahwa bumi dikelilingi oleh jurang yang tergenang air, di mana di seberang air terdapat gunung-gunung sebagai penyangga langit, tempat Matahari, Bintang, Bulan menempel. Mereka beranggapan bahwa alam semesta merupakan lantai dari bumi.

2.    Anggapan Geosentris
Gambaran Teori Geosentris 
Sumber : ngrhfbrnt.wp.com
Lebih dari 2.000 tahun yang lalu bintang, planet, dan matahari, serta bulan bergerak mengelilingi bumi. Hal tersebut diterima dan menjadi dasar teori Geosentris tata surya. Gerakan semi planet, bulan, dan matahari tersebut relatif terhadap bintang dan terhadap satu sama lain (dijelaskan dalam Konsep Geosentris Hipparchus, ahli astronomi Yunani, pada tahun 140 S.M.).

Teori tersebut kemudian dikembangkan oleh Claudius Ptolemeus (Ptolemy) pada tahun 150 T.M. (Konsep Ptolemaic). Dalam teori tersebut, bumi berada pada pusat alam semesta, bulan mengelilingi bumi dengan orbit yang paling dekat, sementara bintang-bintang terletak pada bulatan besar dan terluar. Di antara bulan dan bintang-bintang terletak orbit matahari. Lalu planet-planet sendiri bergerak pada masing-masing orbitnya di sekitar bumi. Orbit Merkurius dan Venus berada di antara orbit bulan dan matahari, sedangkan orbit planet lain seperti Mars, Jupiter, dan Saturnus terletak di antara Matahari dan bintang-bintang.

Geosentris sendiri berasal dari kata “geos” yang berarti tanah/ bumi, dan “centra” yang berarti tengah/ pusat. Pandangan Geosentris menganggap bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Adapun pandangan-pandangan lain dari Claudius Ptolomeus mengenai jagad raya adalah sebagai berikut :
  • Ruang angkasa berputar mengelilingi Bumi yang diam.
  • Pusat peredaran benda-benda antariksa adalah Bumi dengan susunan sebagai berikut : Bumi, Bulan, Merkurius, Venus, Matahari, Mars, Yupiter, Saturnus, dan bintang-bintang.
  • Matahari dan planet-planet mengelilingi Bumi.
  • Bumi berbentuk bulat.
Gambaran Teori Geosentris
Sumber : en.wikipedia.com


3.    Anggapan Helosentris
Sumber Gambar : www.britanica.com

Pada tahun 310-230 S.M., seorang ahli astronomi Yunani, Aristarchus mengatakan bahwa Matahari mungkin berada pada pusat alam semesta, dan bumi mengitarinya, meskipun kemudian ia sendiri menolak gagasannya (Konsep Heliosentris ini belum mendapatkan tempat dalam bidang astronomi).
Pada tahun 1543 terjadi revolusi ilmiah besar-besaran setelah Nicolaus Copernicus menumbangkan model Geosentris lalu memperkenalkan model Heliosentris. Pada model Heliosentris, planet-planet (yang berada di antara Matahari dan bintang) berevolusi terhadap Matahari dengan orbit berbentuk lingkaran. Heliosentris berasal dari kata “helios” yang berarti Matahari, dan “centra” yang berarti tengah/ pusat. Pandangan ini mengemukakan bahwa pusat jagad raya adalah Matahari. Secara lebih rinci, pandangan Nicolaus Copernicus adalah sebagai berikut :
  • Matahari merupakan  pusat tata surya.
  • Memiliki sesunan kosmos Matahari dikelilingi oleh Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Planetoida, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
  • Gerakan kosmos berupa rotasi, revolusi, konjugasi, kuadrasi, oposisi, dan elongasi. (Didukung oleh Isaac Newton, Galileo Galilei, Johannes Keppler, dan Bruno).
Model Copernicus ini masih belum sempurna karena bintang-bintang tidak berputar di sekitar Matahari dan planet-planet tidak mengikuti orbit sirkular. Model Copernicus mengenai orbit planet tersebut kemudian disempurnakan oleh Johannes Kepler. Kepler menentukan orbit planet berdasarkan analisis data Teleskol Astronomi Brahe.         

2 komentar:

  1. https://nugrahascience888.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NaFaS NuSA ready beberapa macam tanaman karnivora nih. ☺☺☺ Monggo, silakan, bagi yang hendak mencoba atau menambah koleksi tanaman karnivora. Link sebagai berikut yak,... :

    》Drosera Humpty Doo (TANAMAN HIDUP) - Drosera Merah - Humpty Doo Sundew
    https://tokopedia.link/UlrzRQ2Hghb di toko NaFaS NuSA

    》Filiformis Sundew (TANAMAN HIDUP) Drosera Filiformis Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/vIvetXnZqhb di toko NaFaS NuSA

    》VFT Red Dentate - Venus Fly Trap Red Dentate - VFT Merah (Red)
    https://tokopedia.link/dK9mUzTSIgb

    》Drosera Indica - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/PpghL6fMPgb

    》UG - Utricularia graminifolia (Daun Darat) - Grass Leaved Bladderwort
    https://tokopedia.link/4dp1NckMPgb

    》Omisa Sundew (Drosera Omisa) atau Gemmae Omisa Sundew
    https://tokopedia.link/2MukJs2QKgb

    》Drosera Capillaris L.L. - Tanaman Pemakan Serangga - Capillaris Sundew
    https://tokopedia.link/hdA7w04LPgb

    》Drosera Adelae - Adelae Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/cqowPDXBpgb

    》Drosera Sessilifolia - Sessilifolia Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/6Ngnjf6QKgb

    》Drosera Adelae Red - Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/VPBlxtzMPgb

    BalasHapus