- Kasih -


我是a f_.man thinking: W 昨天是今天result,和 W今天是明天rst,enjoy n make t'有意思day, cause f_.,sometimes forget it.Butidn'twantf_. :happy 加油!Pkh. 3: 11


Selasa, 14 Oktober 2014

Perkembangbiakan Tumbuhan

Lebah Membantu Penyerbukan
Sumber : p'x'b'y.com



Setiap makhluk hidup pasti melakukan reproduksi untuk mempertahankan jenisnya. Apabila makhluk hidup tidak melakukan reproduksi, maka akan terjadi kepunahan. Menurut penelitian, banyak sekali jenis makhluk hidup yang telah punah dari awal terbentuknya bumi hingga saat ini. Bahkan jenis-jenis yang ada sekarang ini tidak ada setengahnya. Pada reproduksi hewan terdapat dua macam perkembangbiakan, yaitu perkembangbiakan seksual dan perkembangbiakan aseksual. Sedangkan pada tumbuhan sering disebut perkembangbiakan generatif dan perkembangbiakan vegetatif

1.    Perkembangbiakan Vegetatif
Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan yang dilakukan tanpa melalui proses penyerbukan (tanpa fertilisasi). Perkembangbiakan vegetatif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu perkembangbiakan vegetatif alami dan buatan.
a.    Vegetatif alami
·      Tunas
Tunas tumbuh dari batang yang berada di dalam tanah. Tunas tidak bergantung pada induknya. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adalah pisang, bambu, dan tebu.
·      Tunas adventif
Tunas ini tumbuh pada bagian tumbuhan selain pada bagian ujung daun dan ketiak daun. Tunas ini biasanya tumbuh pada bagian daun ataupun akar. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif adalah cocor bebek, sukun, sonokeling, dan cemara. 
Gambar Tunas Adventif pada Daun Cocor Bebek

·      Geragih
Merupakan batang yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih adalah arbei, antanan, dan stroberi.
·      Umbi akar
Merupakan akar yang membesar dan berisi cadangan makanan. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah lobak, wortel, dahlia, dan singkong.
Gambar Umbi Akar pada Wortel
Sumber : www.tasteofhome.com

·      Umbi batang/ Tuber
Merupakan batang yang tumbuh di dalam tanah, di mana ujungnya menggelembung menjadi umbi. Contoh tumbuhan yang berkembang dengan tuber adalah kentang. 
Gambar Pohon Kentang
Sumber : kids. britanica.com

·      Umbi lapis/ Bulbus
Merupakan pelepah daun yang berlapis-lapis. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, bunga bakung, dan bunga tulip.

·      Akar tinggal/ Rizoma
Merupakan batang yang terdapat di dalam tanah, tumbuh mendatar, dan beruas-ruas (di setiap ruas akan tumbuh akar). Contoh tumbuhan tersebut adalah lengkuas, kunyit, dan jahe.
Gambaran Rizoma

b.    Vegetatif buatan
·      Cangkok
Merupakan cara untuk menumbuhkan akar dari batang tumbuhan dikotil dengan cara pengelupasan kulit batang hingga kambium. Dapat dilakukan pada batang mangga, jambu, rambutan dan lain sebagainya.
Gambaran Proses Mencangkok
Sumber : www.solusipintar.info

·      Merunduk
Cara mengembangbiakkan tanaman dengan cara membengkokkan dan membenamkan batang tanaman ke dalam tanah agar muncul akar. Dapat dilakukan pada beberapa jenis tanaman, seperti alamanda, aster, dan pandan. 
Gambar Teknik Merundukan Tanaman

·      Enten/ Sambung Pucuk/ Grafting
Bertujuan untuk memperoleh kualitas tanaman yang bersifat unggul. Enten dilakukan dengan cara menyambungkan batang tanaman lain yang sejenis pada batang yang lain. Teknik ini dapat dilakukan pada beberapa jenis tanaman seperti durian, mangga, adenium dan lain sebagainya.

Gambaran Proses Grafting
Sumber : www.oes.ncsu.edu
·      Tempel/ Okulasi
Teknik ini dilakukan dengan cara menempelkan tunas tanaman lain ke suatu batang tanaman sejenis, dengan terlebih dahulu mengelupas kulit batang yang akan ditempeli. 
Gambaran Proses Okulasi
Sumber : Bioedu.com

·      Stek
Diakukan dengan cara menanam bagian tanaman, seperti batang pada pohon ketela pohon, daun pada cocor bebek, dan akar pada tanaman sukun.

2.    Perkembangbiakan Generatif
Merupakan perkembangbiakan tanaman yang melalui penyerbukan dan penyebaran biji. Dalam melakukan perkembangbiakan generatif, tumbuhan berbunga biasa dibantu oleh serangga seperti lebah, kupu-kupu, lalat, semut, dan kumbang. Selain dibantu oleh serangga, perkembangbiakan generatif dapat dibantu oleh manusia, air hujan, bahkan angin. Dalam perkembangbiakan ini terjadi peleburan antara sel kelamin jantan yang terdapat pada benang sari (tepatnya pada serbuk sari), dan sel kelamin betina yang terdapat pada putik. 

Gambar Penyerbukan
Sumber Gambar : www.pustakasekolah.com

2 komentar:

  1. https://nugrahascience888.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. NaFaS NuSA ready beberapa macam tanaman karnivora nih. ☺☺☺ Monggo, silakan, bagi yang hendak mencoba atau menambah koleksi tanaman karnivora. Link sebagai berikut yak,... :

    》Drosera Humpty Doo (TANAMAN HIDUP) - Drosera Merah - Humpty Doo Sundew
    https://tokopedia.link/UlrzRQ2Hghb di toko NaFaS NuSA

    》Filiformis Sundew (TANAMAN HIDUP) Drosera Filiformis Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/vIvetXnZqhb di toko NaFaS NuSA

    》VFT Red Dentate - Venus Fly Trap Red Dentate - VFT Merah (Red)
    https://tokopedia.link/dK9mUzTSIgb

    》Drosera Indica - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/PpghL6fMPgb

    》UG - Utricularia graminifolia (Daun Darat) - Grass Leaved Bladderwort
    https://tokopedia.link/4dp1NckMPgb

    》Omisa Sundew (Drosera Omisa) atau Gemmae Omisa Sundew
    https://tokopedia.link/2MukJs2QKgb

    》Drosera Capillaris L.L. - Tanaman Pemakan Serangga - Capillaris Sundew
    https://tokopedia.link/hdA7w04LPgb

    》Drosera Adelae - Adelae Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/cqowPDXBpgb

    》Drosera Sessilifolia - Sessilifolia Sundew - Tanaman Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/6Ngnjf6QKgb

    》Drosera Adelae Red - Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
    https://tokopedia.link/VPBlxtzMPgb

    BalasHapus